Jurnal Wawasan Promosi Kesehatan
Vol 1, No 1 (2020): Jurnal Wawasan Promosi Kesehatan

Iklan dalam Perilaku Penggunaan Kosmetik Pemutih Kulit pada Remaja: Studi pada SMAN 2 Kendari

ARNIWIJAYA ARNIWIJAYA (Universitas Halu Oleo)
JUNAID JUNAID (Universitas Halu Oleo)
FARIT REZAL (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Latar Belakang: Produk pemutih kulit adalah salah satu produk kosmetik yang mengandung bahan aktif yang dapat menekan atau menghambat pembentukan melanin atau menghilangkan melanin yang sudah terbentuk sehingga memberikan warna kulit yang lebih putih. Beragam iklan produk-produk kecantikan di media cetak maupun elektonik telah membius jutaan wanita di dunia untuk berlomba-lomba membeli kosmetik yang mengandung obat pemutih.Tujuan: untuk mengetahui hubungan iklan kosmetik pemutih kulit terhadap perilaku pemakaian kosmetik pemutih kulit pada remaja putri di SMA N 2 Kota KendariMetode: Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional study.  Sebanyak 147 orang siswa remaja putri SMAN 2 Kendari terlibat didalam penelitian yang dipilih, menggunakan teknik stratified random sampling. Analisis data dengan menggunakan uji fisher exactHasil:  Penelitian  menunjukan  bahwa  ada  hubungan    antara  durasi  iklan  dengan tingkat keeratan lemah (ρ = 0,000); frekuensi iklan dengan tingkat keeratan sedang (ρ = 0,000; nilai C = 0,483) dan atensi iklan dengan tingkat keeratan lemah (ρ =0,002; nilai C = 0,256). Semakin sering remaja terpapar iklan kosmetik maka tingkat perilaku remaja memakai kosmetik pemutih kulit semakin tinggi.Kesimpulan: Ada hubungan antara durasi, frekuensi dan atensi iklan kosmetik pemutih kulit terhadap perilaku pemakaian kosmetik pemutih kulit pada remaja putri di SMA Negeri 2 Kendari, Sulawesi Tenggara

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

winsjournal

Publisher

Subject

Public Health

Description

Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wawasan Promosi Kesehatan berasal dari penelitian dalam bidang Promosi ...