JAPB
Vol 1 No 1 (2018)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT ASURANSI JASA INDONESIA DI KABUPATEN TABALONG PROPINSI KALIMANTAN SELATAN

Nasrudin Nasrudin (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)
Jauhar Arifin (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)
Indriati Sumarni (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

PT Asuransi Jasa Indonesia merupakan perusahaan asuransi yang dimiliki 100% oleh Negara Republik Indonesia yang menerima pertanggungan asuransi baik langsung maupun tidak langsung. Didirikan pada tahun 1973, Asuransi Jasindo telah memiliki 48 Kantor Cabang, 36 Kantor Penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Asuransi Jasa Indonesia di Kapupaten Tabalong Propinsi Kalimantan Selatan (2) untuk mengetahui besarnya kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Asuransi Jasa Indonesia di Kapupaten Tabalong Propinsi Kalimantan Selatan. Populasi sampel adalah nasabah PT Asuransi Jasa Indonesia. Teknik sampel yang digunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 70 responden nasabah PT Asuransi Jasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan nasabah (Y) terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 33,8% dan sisanya 66,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari variabel penelitian ini. Kata kunci : Kualitas Pelayanan ; Kepuasan Nasabah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JAPB

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JAPB mempublikasikan hasil penelitian dari Mahasiswa STIA Tabalong dari Program Studi Aministrasi Publik dan Program Studi Administrasi Bisnis yang telah dilakukan Riview oleh P3M STIA Tabalong sehingga layak untuk diterbitkan dalam bentuk Jurnal Penelitian. JAPB menerbitkan artikel dengan ...