JAPB
Vol 3 No 2 (2020)

KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN DILIHAT DARI ASPEK TANGIBLE PADA KANTOR KEPOLISIAN POLSEK MURUNG PUDAK KABUPATEN TABALONG

Sudirun Sudirun (Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)
Jauhar Arifin (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)
Heni Suparti (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2020

Abstract

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia pasal 13 Nomor 2 tahun 2002 salah satu tugas pokok Kepolisian yaitu memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. salah satunya yaitu pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian Dilihat Dari Aspek Tangible Pada Kantor Kepolisian Polsek Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu petugas kepolisian yang menangani layanan SKCK serta masyarakat pegguna jasa layanan SKCK. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik pemberian angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan pemeriksaan akan kelengkapan jawaban, tally dan penghitungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan SKCK sudah berjalan dengan cukup baik serta dapat dengan mudah diterima masyarakat. Dengan demikian, dengan menggunakan teori Parasuraman, Berry dan Zeithaml (Satibi, 2012:80) yaitu kualitas layanan dilihat dari aspek Tangible yang meliputi 7 indikator yaitu penampilan petugas/aparatur dalam melayani pelanggan, kenyamanan tempat melakukan pelayanan, kemudahan dalam proses pelayanan, kedisiplinan petugas/aparatur dalam melakukan pelayanan, kemudahan akses pelanggan dalam permohonan pelayanan, penggunaan alat bantu dalam pelayanan dan fasilitas pelayanan yang disediakan sudah memenuhi kriteria yang diinginkan yaitu berjalan dengan cukup baik dengan persentase sebesar 47.09%. Kata kunci: Kualitas, Pelayanan, SKCK, Aspek Tangible.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAPB

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JAPB mempublikasikan hasil penelitian dari Mahasiswa STIA Tabalong dari Program Studi Aministrasi Publik dan Program Studi Administrasi Bisnis yang telah dilakukan Riview oleh P3M STIA Tabalong sehingga layak untuk diterbitkan dalam bentuk Jurnal Penelitian. JAPB menerbitkan artikel dengan ...