Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan
Vol 8, No 2 (2015): Desember

Wanita Dalam Hegemoni Superstruktural: Perspektif Teori Kritis (Penelitian Terhadap Gadis Malam Motor Matik Di Kota Cirebon)

Abdul Karim (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2015

Abstract

Cirebon merupakan “jantung” kota bagi beberapa kabupaten yaitu Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Ia mendapat julukan sebagai kota wali, dengan amanat Sunan Gunung Jati, “Ingsun titip tajug lan fakir Miskin”. Akan tetapi jika malam tiba, identitas kehidupan religious kota wali seakan-akan sontak berubah, terutama pada malam Jum’at. Pada satu jama’ah tertentu, Peziarah berduyun-duyun datang ke Makam wali, tapi pada rombongan lainya justru mengunjungi tempat warung remang-remang (Warem) yang dihuni oleh para gadis malam. Uniknya, lokasi tersebut berdekatan dengan kantor kepolisian sektor kota (Polsekta). Penelitian ini akan menjawab pertanyaan tentang, bagaimana hegemoni superstruktur terhadap gadis malam motor matik di kota Cirebon? Apa pendapat masyarakat terhadap status sosial gadis malam? Alasan-alasan apa saja yang menyebabkan para gadis malam mangkal di Warung remang-remang? Dengan berbuat demikian, adakah indikasi penyetaraan gender yang mereka inginkan?

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in June and December by Program Pascasarjana IAIN ...