Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan
Vol 14, No 1 (2021): Juni

PARADIGMA PEMIKIRAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MENURUT KH. ABDURRAHMAN WAHID




Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Indonesia yang merupakan negera multikultur dengan berbagai macam sosio-kultural, suku bangsa, agama, kondisi geografis, adat istiadat. Kenyataan tersebut menjadi corak yang khas plural majemuk jika masyarakat saling berdampingan, saling mengisi, menghargai, dan mampu beradaptasi. Perkembangan pendidikan di indonesia tidak terlepas dari tokoh agama yang menjadi panutan sebagian besar masyarakat indonesia. Yang menjadikan salah satu sorotan atau pandangan hasil dari pendidikan seperti halnya tokoh islam KH Abdurahman Wahid. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggali data dengan telaah pustaka. Analisi data yang digunakan yaitu menelusuri sumber primer dan skunder, mengkalisifikasi data berdasarkan formula penelitian, mengolah data/mengutip menampilkan data, abstraksi data, interpretasi data, dan kesimpulan. HasilĀ  penelitian menunjukan bahwa paradigm dalam pendidikan ditunjukan dari berbagai aspek diantaranya dalam social budaya masyarakat, agama dan politk. Dari ketiga hal tersebut harus saling beiringan untuk mewujudkan pendidikan yang berhasil dengan adanya keberagaman di Indonesia

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nuansa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in June and December by Program Pascasarjana IAIN ...