JAPB
Vol 6 No 1 (2023)

THE INFLUENCE OF STORE ATMOSPHERE ON PRODUCT PURCHASE DECISIONS AT CITI MART MABUUN MINIMARKET

Erviani (Program Studi administrasi Bisnis)
Kiswanul Arifin (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Era globalisasi menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Era globalisasi memperluas produk dari perusahaan Indonesia dan di sisi lain, keadaan tersebut memunculkan persaingan yang makin ketat baik antar perusahaan domestik maupun perusahaan asing. Seperti halnya yang terjadi pada industri ritel nasional dimana perkembangan jumlah ritel di Indonesia terus bertambah secara pesat seperti supermarket, hypermarket, minimarket, dan ritel lainnya yang terus bermunculan.Tujuan penelitian ini ingin mengetahui dan menganalisa (1) untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada minimarket citi mart mabuun, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada minimarket citi mart mabuun. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data primer dan sekunder. Dengan populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang dan sampel yang diambil berjumlah 60 responden dengan teknik metode penarikan sampel acak sederhana (Sample Random Sampling). Alat bantu analisis dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistical Package For Social Science) versi 26. Berdasarkan hasil dari penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) ada pengaruh store atmosphere (X) terhadap keputusan pembelian (Y) produk pada minimarket citi mart mabuun, (2) besarnya pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada minimarket citi mart mabuun adalah sebesar 61,6 %, sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar dari variabel yang diuji. Kata Kunci : Store Atmosphere dan Keputusan Pembelian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAPB

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JAPB mempublikasikan hasil penelitian dari Mahasiswa STIA Tabalong dari Program Studi Aministrasi Publik dan Program Studi Administrasi Bisnis yang telah dilakukan Riview oleh P3M STIA Tabalong sehingga layak untuk diterbitkan dalam bentuk Jurnal Penelitian. JAPB menerbitkan artikel dengan ...