Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LAHAN PERTANIAN DAN KOMODITI HASIL PANEN BERBASIS WEBSITE (Studi Kasus : Dinas Pertanian Kabupaten Sanggau)

Arif Rahman (Universitas Tanjungpura)
Renny Puspita Sari (Universitas Tanjungpura)
Dian Prawira (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

Pemetaan merupakan suatu aktifitas dimana seseorang melakukan penggambaran suatu wilayah yang dapat memabntu dalam menunjukkan sautu wilayah kedalam bentuk gambar. Namun seringkali pemetaan masih tidak akurat dalam hal ini pemetaan lahan pertanian dan komoditi hasil panen serta melakukan perhitungan nilai hasil produksi pada komoditi panen. Hal ini terjadi pada dinas pertanian kabupaten sanggau. Dimana pemetaan yang dilakukan masih bersfitat manual dalam bentuk gambar diatas kertas sehingga resiko untuk terjadinya kesalahan yaitu berupa ketidak akuratan wilayah pertanian yang tersebar di kabupaten Sanggau dan perhitungan yang dilakukan dalam menentukan jumlah produksi panen masih dilakukan secara manual dengan cara menggunakan kalkulator sehingga memerlukan waktu lama dalam melakukan perhitungan nilai hasil produksi panen pada suatu wilayah pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk membangun Sistem Informasi Geografis untuk pemetaan digital dengan menerapkan perhitungan nilai hasil produksi. Perhitungan nilai hasil produksi untuk mengukur besaran jumlah panen komiditi di setiap kecamatan. Hasil dari perhitungan tersebut disajikan dalam bentuk peta digital dan grafik. Sistem sudah dilakukan pegujian dengan black box testing serta uji fungsionalitas dan antarmuka sistem dan memperoleh persentase 88,29% sehingga masuk dalam kategori baik sekali.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...