Potensi akademik siswa adalah salah satu pengaruh yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan persentase nilai sekolah, serta mempermudah siswa untuk melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya dengan nilai yang dapat bersaing. Beberapa faktor kemungkinan penyebab turunnya potensi akademik siswa antara lain kurangnya daya serap siswa pada saat kegiatan belajar mengajar, siswa pasif bertanya dan lain-lain yang menyebabkan nilai akademik siswa tersebut tidak mencapai standar kriteria ketuntasan belajar yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan. Untuk meningkatkan potensi akademik pada SMP DDI Sultan Syarif Abdurachman Pontianak diperlukan bimbingan terhadap siswa yang mempunyai potensi akademik kurang atau dibawah dari kriteria ketuntasan belajar. Agar peningkatan potensi akademik siswa dapat berjalan dengan baik, maka dibutuhkan cara klasifikasi untuk menentukan siswa yang perlu atau tidak mendapatkan bimbingan. Klasifikasi yang digunakan yaitu metode C4.5. Metode ini digunakan untuk mendapatkan pohon akar yang hasil klasifikasinya dapat menentukan siswa tersebut perlu mendapat bimbingan. Target yang digunakan terdiri dari menengah atas, menengah bawah dan wajib konseling. Mata pelajaran yang digunakan sebanyak 10 mata pelajaran dan menggunakan data uji sebanyak 240 data. Penggunaan metode C4.5 untuk klasifikasi potensi akademik siswa mendapatkan rata-rata akurasi sebesar 93,332%.
Copyrights © 2023