Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 11, No 1 (2023): Edisi April 2023

PENERAPAN METODE C4.5 UNTUK KLASIFIKASI POTENSI AKADEMIK SISWA (Studi kasus: SMP DDI Sultan Syarif Abdurachman Pontianak)

Nurul Fajri 'Aini Firdaus (Universitas Tanjungpura)
Dwi Marisa Midyanti (Universitas Tanjungpura)
Rahmi Hidayati (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

Potensi akademik siswa adalah salah satu pengaruh yang sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan persentase nilai sekolah, serta mempermudah siswa untuk melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya dengan nilai yang dapat bersaing. Beberapa faktor kemungkinan penyebab turunnya potensi akademik siswa antara lain kurangnya daya serap siswa pada saat kegiatan belajar mengajar, siswa pasif bertanya dan lain-lain yang menyebabkan nilai akademik siswa tersebut tidak mencapai standar kriteria ketuntasan belajar yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan. Untuk meningkatkan potensi akademik pada SMP DDI Sultan Syarif Abdurachman Pontianak diperlukan bimbingan terhadap siswa yang mempunyai potensi akademik kurang atau dibawah dari kriteria ketuntasan belajar. Agar peningkatan potensi akademik siswa dapat berjalan dengan baik, maka dibutuhkan cara klasifikasi untuk menentukan siswa yang perlu atau tidak mendapatkan bimbingan. Klasifikasi yang digunakan yaitu metode C4.5. Metode ini digunakan untuk mendapatkan pohon akar yang hasil klasifikasinya dapat menentukan siswa tersebut perlu mendapat bimbingan. Target yang digunakan terdiri dari menengah atas, menengah bawah dan wajib konseling. Mata pelajaran yang digunakan sebanyak 10 mata pelajaran dan menggunakan data uji sebanyak 240 data. Penggunaan metode C4.5 untuk klasifikasi potensi akademik siswa mendapatkan rata-rata akurasi sebesar 93,332%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...