Jurnal penelitian jalan dan Jembatan
Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan

Karakteristik Pemilihan Moda di Kota Manado Dengan Metode Multinomial Logit

Semuel Y. R. Rompis (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Pemilihan moda merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan dan pemodelan transportasi. Model pemilihan moda yang sensitif terhadap atribut-atribut perjalanan yang mempengaruhi individu sangat diperlukan. Banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi, seperti karakteristik sosio ekonomi pelaku perjalanan dipengaruhi oleh pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan dalam menentukan pilihan penggunaan transportasi kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pelaku perjalanan, mengetahui variabel yang mempengaruhi pelaku perjalanan dalam memilih moda transportasi dan membandingkan probabilitas berdasarkan gender pada setiap moda antara mikrolet, taxi online dan kendaraan pribadi dengan atribut-atribut seperti biaya perjalanan, biaya parkir, jarak jalan kaki, waktu tunggu, waktu tempuh, waktu jalan kaki, kenyamanan dan keamanan. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan model multinomial logit. Analisis pemilihan moda dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 600 responden berisi karakteristik pelaku perjalanan, dengan atribut yang ada pada tiap moda transportasi mikrolet, taxi online dan kendaraan pribadi. Analisa regresi berganda diperoleh bahwa variabel yang mempengaruhi responden dalam memilih moda transportasi yaitu variabel keamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemilihan moda. Dalam hasil menunjukan bawah pria dan wanita lebih cenderung memilih moda transportasi Kendaraan Pribadi daripada taksi online dan angkot, hal ini ditunjukkan dengan setiap bertambahnya isu keamanan maka minat untuk menggunakan kendaraan pribadi pada pria dan wanita menurun. Pemodelan dilakukan menggunakan model multinomial logit didapat variabel yang dominan memberi pengaruh adalah variabel Keamanan membuat responden untuk memilih moda yang akan digunakan dalam melakukan antivitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa probabilitas pemilihan moda secara keseluruhan atau umum moda transportasi kendaaran pribadi memiliki probabilitas paling tinggi yaitu sebesar 0,39. Probabilitas berdasarkan gender memperoleh hasil untuk pria sebesar 0,39 memilih kendaraan pribadi dan wanita memilih moda transportasi kendaraan pribadi dengan nilai probabilitas sebesar 0,46. Hasil dari regresi yang diperoleh, telah memenuhi syarat, sehingga seluruh variabel bebas bersama–sama berpengaruh terhadap variabel terikat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PTRKJJ

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Penelitian Jalan dan Jembatan merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknologi Rekayasa Jalan dan Jembatan yang diterbitkan secara regulerpada bulan Juni dan September. Jurnal ini menghimpun para peneliti, dosen, mahasiswa dan praktisi untuk berkontribusi dalam penelitian ilmiah ...