Perilaku agresi kerap kali dilakukan siswa dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas play-based intervention dalam mengurangi kecenderungan perilaku agresi siswa. Partisipan penelitian ini adalah 12 siswa SMP Negeri 5 Tinggimoncong Satap Buluballea (n=12). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen one-group pretest- posttest design. Analisis data menggunakan Paired Sample T-Test uji Wilcoxon dengan tingkat signifikansi sebesar p=0,004 (p<0,050). Hasil penelitian menunjukkan bahwa play-based intervention efektif dalam menurunkan kecederungan perilaku agresi siswa sekolah menengah pertama. Berdasarkan hasil nilai pada pretest (mean=45,58) lebih besar dibandingkan nilai posttest (mean=32,83), sehingga terjadi penurunan mean skor skala perilaku agresi. Implikasi dalam penelitian ini adalah play-based intervention dapat digunakan sebagai media untuk menurunkan kecenderungan perilaku agresi siswa.
Copyrights © 2022