Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora
Vol. 2 No. 2: Februari 2023

Resiliensi Perempuan yang Mengalami Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) Selama Pandemi Covid-19 di Kota Makassar

Shofy Afliya Ashar (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar)
Asniar Khumas (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar)
Novita Maulidya Djalal (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang besar bagi masyarakat Makassar. Dampak tersebut menimbulkan stress yang mengakibatkan terjadinya bentuk kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) selama pandemic covid-19 di Kota Makassar mulai dari respon pengalaman KDRT., cara mengatasi emosi dan bertahan. Subjek mendapat dukungan dan berusaha untuk keluar dari hubungan KDRT dan mendapat dampak positif. Kriteria subjek penelitian ini adalah perempuan yang telah menikah dan mengalami kekerasan dalam rumah tangga selama masa pandemic covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur. Proses analisis data penelitian menggunakan metode Interpretative Phenomenological Analisis (IPA). Hasil analisis data menunjukkan bahwa subjek mendapatkan bentuk kekerasan fisik, psikis dan verbal. Subjek memiliki gambaran resiliensi dengan regulasi emosi yang memilih untuk diam serta tidak melakukan perlawanan kemudian mempertimbangkan berbagai resiko dan mendapatkan dukungan dari teman dan keluarga, hingga berhasil mendapatkan banyak dampak positif yang membantu subjek menjadi lebih baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...