Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora
Vol. 2 No. 3: April 2023

Kepuasan Pernikahan Pada Istri Ditinjau Dari Motif Menikah

Reski Amelia (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar)
Haerani Nur (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Nurhidayat Nurdin (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Kepuasan Pernikahan merupakan perasaan subjektif yang dirasakan oleh individu dalam menjalani pernikahan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pernikahan ditinjau dari motif menikah Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan jenis pertanyaan terbuka serta dokumentasi berupa postingan foto sosial media. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis tematik. Berdasarkan hasil temuan, peneliti menemukan bahwa individu memiliki motif yang berbeda ketika memutuskan untuk menikah, yaitu melupakan mantan pacar, ingin bebas dari keluarga, dan perjodohan tanpa cinta. Dalam pernikahan untuk mencapai kepuasan pernikahan dibutuhkan komunikasi, waktu luang bersama, aktivitas bersama, manajemen keuangan, anak-anak dan pengasuhan, kecocokan dengan keluarga pasangan, persamaan latar belakang, kesamaan peran, orientasi keagamaan, saling pengertian, adanya kebijaksanaa, kerjasama yang baik, dan pemecahan masalah yang baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bacaan baru bagi individu yang akan memutuskan untuk menikah agar tujuan menikah dapat dipahami sebelum memasuki kehidupan pernikahan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...