Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas Xl di SMA Negeri 1 Wulandoni melalui metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru yang bertujuan untuk memperbaiki mutu atau meningkatkan hasil belajar siswa. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Wulandoni, Desa Wulandoni, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata-NTT. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas Xl SOS berjumlah 26 siswa dan guru sebagai peneliti atau pengamat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Pada siklus I, aktivitas guru mendapat nilai rata-rata 3,64 dengan kategori sangat baik (A), aktivitas siswa mendapat nilai rata-rata 3,05 dengan kategori baik (B). Kemudian siklus II, aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 4,00 dengan kategori sangat baik (A) sedangkan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 4,00 dengan kategori sangat baik (A). Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai ketuntasan 53,85% dengan nilai tidak tuntas 46,15 %. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II memperoleh nilai ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Wulandoni.
Copyrights © 2023