Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi pembelajaran multimedia interaktif pengelompokan hewan untuk anak usia dini pada TK Kristen Hosana Terpadu. Hasil dari aplikasi ini menyajikan materi pengelompokan hewan, profil sekolah, kuis, petunjuk, game, huruf, dan video. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan Luther Sutopo adapun metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, angket dan juga studi pustaka. Aplikasi ini dibuat menggunakan Construct 2. Pengujian dari penelitian ini yaitu pengujian sistem menggunakan Blackbox testing, pengujian ahli media, dan pengujian ahli materi oleh dosen. Setelah dilakukan pengujian tersebut, diperoleh hasil pengujian ahli media dengan penilaian 3,7 dari 29 pertanyaan, hasil pengujian ahli materi 3,8 dari 7 pertanyaan, dan hasil pengujian blackbox telah berhasil/sukses dalam pengujian dimana nilai akhir yang didapat adalah 4 yang berarti untuk penilaian aplikasi masuk dalam kategori sangat baik. Aplikasih yang dibuat dalam penelitian ini diimplementasikan dalam bentuk aplikasi di Smartphone Android.
Copyrights © 2023