Journals of Indonesian Multidisciplinary Research
Vol. 1 No. 1 (2022): Journals of Indonesian Multidisciplinary Research

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian

Enggi Rayana (Program Studi Pendidikan IPS Universitas Pasir Pengaraian)
Rina Ari Rohmah (Universitas Pasir Pengaraian)
Hardianto (Universitas Pasir Pengaraian)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 59 responden dengan menggunakan metode Simple Random Sampling.  Hasil penelitian menunjukkan terdapat 1 faktor internal yang menjadi penyebab terbesar faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian yaitu faktor motivasi dengan nilai Eigenvalue sebesar 5,285 dan nilai varians sebesar 27,81%. Terdapat 1 faktor eksternal yang menjadi faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam memilih Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian yaitu faktor peluang kerja dengan nilai Eigenvalue sebesar 3,570 dan nilai varians sebesar 23,80%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joinmr

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Indonesian Journal of Multidisciplinary Research aims to represent and publish research in various disciplines submitted by practitioners from research institutions derived from the research of students, lecturers, and other practitioners. This includes studies and reviews conducted by ...