Jurnal Industri Pariwisata
Vol 6, No 1 (2023): JULY

Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Untuk Penguatan Konsep Dan Pemasaran Wisata Studi Kasus Desa Wisata Bunga Sidomulyo, Batu

Pramadika Ramanda (Brawijaya University)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Desa Wisata Sidomulyo adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kota Batu,yang memiliki karakteristik sebagai desa wisata yang memiliki produksi tanaman bunga hias dan bunga potong. Salah satu bentuk pengembangan potensi wisata Desa Sidomulyo adalah dengan tahapan perencanaan, pengelolaan,dan pemasaran wisata. Dalam pemasaran wisata, ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan, salah satu sebagai tahap awal adalah dengan mengidentifikasi segmen pasar pada destinasi wisata. Langkah identifikasi segmen pasar tersebut menggunakan analisis marketing place dengan pendekatan STP (segmenting, targetting, positioning). Metode penelitian menggunakan metode kualitatif.  Segmenting Desa Wisata Sidomulyo adalah wisatawan yang berkunjung di Pasar Bunga Sidomulyo adalah wisatawan lokal Malang Raya dan beberapa kota di jawa timur, serta wisatawan asing. Targetting wisatawan di Desa Wisata Sidomulyo yaitu wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Sidomulyo adalah wisatawan lokal dari Kota Malang dan Kota Batu,serta beberapa kota terdekat di area Jawa timur,wisatawan asing dalam paket tour,dan wisatawan yang ingin membeli bunga hias. Positioning Desa Wisata Sidomulyo adalah satu-satunya desa berbasis penjualan tanaman hias terlengkap di Kota Batu dan Kota Malang,dan menjangkau area Jawa Timur bahkan hingga luar pulau Jawa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pariwisata

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Articles published on Jurnal Industri Pariwisata are based on research. This journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Sahid which is published twice every year. This journal is intended as one of the media in terms of publishing the results of research ...