Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA)
Vol 6 No 2 (2023): Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora

Green Social Work: Potensi, Peluang dan Tantangan

Willya Achmad (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan investigasi potensi, peluang, dan tantangan dalam penerapan Green Social Work sebagai pendekatan pekerjaan sosial berbasis lingkungan di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan kajian literatur untuk mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder yang diperoleh dari studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi pekerja sosial telah berhasil mewujudkan keberlanjutan program di masyarakat. Keterlibatan pekerja sosial dalam berbagai kegiatan yang mendukung adaptasi dan mitigasi dampak perubahan lingkungan didasarkan pada pendekatan GSW. GWS merupakan pendekatan holistik untuk mengatasi krisis lingkungan dengan mendorong pekerja sosial untuk menginternalisasi prinsip, nilai, dan kepedulian terkait degradasi lingkungan dan bencana terkait di dalam komunitas. Pendekatan ini memungkinkan penggabungan kelestarian lingkungan dengan fungsi sosial demi kesejahteraan masyarakat di masa depan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa GSW dapat berkembang melalui penelitian, kebijakan, pendidikan, dan pengalaman praktis. Pengalaman lapangan menjadi dasar penting yang akan dijelajahi dalam investigasi lebih mendalam ke depannya. Kata Kunci: Green Social Work, Isu Lingkungan, Pekerja Sosial

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang. Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meliputi bidang ilmu dan praktik pendidikan, ...