Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Cinagara yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, peneliti mengambil seluruh siswa kelas III untuk dijadikan sampel karena SDN 1 Cinagara hanya berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t) yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi PQ4R materi ciri-ciri makhluk hidup kelas III di SDN 1 Cinagara. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh nilai signifikansi thitung 5,99 > ttabel 2,002 maka Ho ditolak dan dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan strategi belajar PQ4R ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas III SDN 1 Cinagara.
Copyrights © 2020