Jurnal Lensa Pendas
Vol 5 No 2 (2020): September

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI KELAS III SDN I CINAGARA KECAMATAN LEBAKWANGI KABUPATEN KUNINGAN

Yusi Lugina (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Dede Darkam (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Cinagara yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, peneliti mengambil seluruh siswa kelas III untuk dijadikan sampel karena SDN 1 Cinagara hanya berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t) yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi PQ4R materi ciri-ciri makhluk hidup kelas III di SDN 1 Cinagara. Berdasarkan perhitungan secara statistik diperoleh nilai signifikansi thitung 5,99 > ttabel 2,002 maka Ho ditolak dan dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan strategi belajar PQ4R ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas III SDN 1 Cinagara.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...