Jurnal Lensa Pendas
Vol 5 No 1 (2020): Februari

ANALISIS PENERAPAN ICE BREAKIG DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN I LURAGUNGLANDEUH

INEU WIDIANTI (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
OMAN SURYAMAN (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2020

Abstract

Analisis Penerapan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN I Luragunglandeuh. Penelitian ini diltarbelakangi olehkegiatan ice breaking yang dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar. Ice breaking merupakan permainan atau kegiatan yang sederhana, ringan dan ringkas yang berfungsi untuk mengubah suasana kebekuan, kekakuan rasa bosan atau mengantuk dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar dapat membangun suasana yang dinamis penuh semangat dan antusias serta belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan ice breaking di SDN I Luragunglandeuh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang guru, kepala sekolah, dan 3 orang siswa kelas V sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunaan adalah dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada penelitiaan ini adalah bahwa penerapan ice breaking di SDN I Luragunglandeuh dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...