Jurnal Lensa Pendas
Vol 7 No 2 (2022): September

Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Pecahan Desimal melalui Tuan Ratu Pede pada Peserta Didik Kelas V SDN Kendal Rongkop

Ana Fitrotun Nisa (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Riska Ashar Luthfia Erva (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung pecahan desimal melalui media Tuan Ratu Pede pada peserta didik kelas V SDN Kendal Rongkop Kabupaten Gunungkidung. Rendahnya hasil belajar materi operasi hitung pecahan desimal pada peserta didik menuntut guru untu melakukan inovasi pembelajaran. Alternatif solusi yang dilakkukan adalah dengan menggembangkan media yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep abstrak menjadi kongkret yaitu dengan kartu pasangan operasi hitung pecahan desimal (Tuan Ratu Pede). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptid dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, pengamatan dan penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah meserta didik kelas V SDN Kendal yang berjumlah 11 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Tuan Ratu Pede dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung pecahan desimal peserta didik kelas V dengan hasil rata-rata hasil belajar 54,55 dengan persentase ketuntasan KKM sebesar 54, 55% meningkat menjadi 86, 36 dengan persentase ketuntasan KKM sebesar 100%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...