Latar belakang: Tingginya kasus dan kemungkinan meninggal akibat Covid-19 mendorong pemerintah berupaya memberlakukan Pembatasan Sosial (PSBB) secara luas. Kemendikbudristek telah mengambil upaya untuk mengubah sistem pembelajaran sekolah menjadi sistem daring. Metode: Desain penelitian analitik kuantitatif mempergunakan pendekatan cross sectional bertujuan supaya menganalisis hubungan kecanduan smartphone dan prestasi akademik dengan tingkat stres siswa SMA Batik 1 Surakarta dalam menghadapi masa transisi pandemi menuju endemi Covid-19 dengan populasi sebanyak 429 siswa dan sampel 119 siswa mempergunakan metode Proportional Random Sampling. Hasil: Perolehan analisis chi-square bahwa kecanduan smartphone (p= 0,184), prestasi akademik semester ganjil (p = 0,528), semester genap (p = 1) tidak berhubungan signifikan dengan tingkat stres siswa SMA Batik 1 Surakarta dalam menghadapi masa transisi pandemi menuju endemi Covid-19. Kesimpulan: Penelitian ini tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan smartphone dengan tingkat stres. Dan tidak ada hubungan antara prestasi akademik dengan tingkat stres pada siswa kelas XI SMA Batik 1 Surakarta dalam menghadapi masa Transisi pandemi menuju endemi Covid-19 dan penelitian ini dapat menjadikan evalusi dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang inovasi bagi pihak sekolah.
Copyrights © 2023