Promosi adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengenalkan suatu barang atau jasa, hingga bisa menarik minat pembeli, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Kota Balikpapan, Penelitian ini menggunakan data kualitatif deskriptif dengan jumlah populasi 6 kecamatan dengan jumlah sampel 60 UMKM, hasil penelitian menyatakan trategi yang baik dan tepat sasaran harus memenuhi beberapa unsur seperti memberikan informasi hingga memberi pengaruh terhadap suatu produk. Promosi harus dilakukan dengan memuat unsur promosi, yaitu memberikan informasi, mengenalkan kelebihan suatu produk, dan memberikan pengaruh bagi konsumen untuk membeli produk tersebut. Selain untuk meningkatkan penjualan, promosi juga bermanfaat untuk mempengaruhi minat konsumen untuk membeli produk, mempengaruhi tingkat keinginan pembeli untuk melakukan repeat order, memperluas pasar dengan menambah konsumen baru, mencari konsumen atau pelanggan yang loyal terhadap produk perusahaan, mengalahkan pesaing yang mempunyai produk dalam segmen yang sama, dan tujuan lainnya.
Copyrights © 2021