JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 6, No 3 (2021): Agustus, Media Pembelajaran dan Media Local

Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada UMKM Kota Balikpapan

Nandha Narendra* (Universitas Mulia. Indonesia)
Made Ayu Lestariani (Universitas Mulia. Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2021

Abstract

Promosi adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengenalkan suatu barang atau jasa, hingga bisa menarik minat pembeli, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap peningkatan penjualan pada UMKM Kota Balikpapan, Penelitian ini menggunakan data kualitatif deskriptif dengan jumlah populasi 6 kecamatan dengan jumlah sampel 60 UMKM, hasil penelitian menyatakan trategi yang baik dan tepat sasaran harus memenuhi beberapa unsur seperti memberikan informasi hingga memberi pengaruh terhadap suatu produk. Promosi harus dilakukan dengan memuat unsur promosi, yaitu memberikan informasi, mengenalkan kelebihan suatu produk, dan memberikan pengaruh bagi konsumen untuk membeli produk tersebut. Selain untuk meningkatkan penjualan, promosi juga bermanfaat untuk mempengaruhi minat konsumen untuk membeli produk, mempengaruhi tingkat keinginan pembeli untuk melakukan repeat order, memperluas pasar dengan menambah konsumen baru, mencari konsumen atau pelanggan yang loyal terhadap produk perusahaan, mengalahkan pesaing yang mempunyai produk dalam segmen yang sama, dan tujuan lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...