Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPAS Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Nabilah Hanun Nur Aisyah (Universitas PGRI Semarang)
Harto Nuroso (Universitas PGRI Semarang)
Arfilia Wijayanti (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Pembelajaran yang tidak melibatkan peserta didik secara aktif di kelas dapat menyebabkan hasil belajar kognitif peserta didik menurun. Maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-postest serta menggunakan analisis data berupa analisis deskriptif, uji normalitas, dan uji-t. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Sasaran pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...