JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 4 (2023): Agustus, Social Religious, History of low, Social Econmic and Humanities

Perspektif Teori Kritis Ditinjau dari Mazhab Frankfurt terhadap Tren pada Lagu Denny Caknan

Miandhani Denniz Yuniar (Universitas Selamat Sri, Kendal)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Fenomena music koplo di Indonesia kini sedang banyak disukai terutama untuk kalangan anak muda, dibantu dengan social media, music juga menjadi salah satu alat yang vital di keseharian anak muda dari Tik Tok hingga Spotify yang diputar juga di angkutan umum.Tujuan penelitian ini untuk memahami tren Lagu Denny Caknan dalam perspektif teori Kritis ditinjau dari mahdzab frankfurt. Penelitian ini menggunakan Teori Kritis mazhab Frankfurt dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, lagu Denny Caknan diterima sebagai wujud kesenangan diri dan ekspresi hati bagi milenial tanpa perlu dimaknai secara eksplisit makna (asli) lagunya. Kedua, tren Denny Caknan muncul dengan penambahan aransemen Jawa Koplo dan publikasi melalui akun Instagram YouTube Denny Caknan, serta akun komunitas Tenanan Official. Kondisi tersebut memiliki unsur komodifikasi konten lagu Denny Caknan yang ditampilkan melalui YouTube, merchandise serba Denny Caknan, serta banyak agenda konser Denny Caknan seperti konser yang ada dalam program Televisi, maupun offline serta membintangi iklan di Televisi. Sehingga secara tidak langsung masyarakat dikontrol, seolah tidak memiliki hak untuk memilih (industri budaya lainnya) karena sudah menjadi kebahagiaan kolektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...