Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Membantu Perkembangan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Melalui Bimbingan Dan Konseling Dengan Teknik “AKEM”

Hamidi Hamidi (STKIP Hamzar Lombok)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2023

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar dengan menggunakan teknik aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (AKEM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka (literature review) dan observasi lapangan di beberapa sekolah dasar di Lombok Timur. Hal ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara langsung tentang layanan bimbingan konseling di sekolah dasar sebagai data pendukung penelitian. Observasi dilakukan oleh Mahasiswa STKIP Hamzar Program Studi S1 PGSD semester V. Hasil penelitian ini meliputi ; 1) Pentingya layanan bimbingan dan konseling disekolah dasar sesuai dengan Permendiknas Nomor. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik dan Kompetensi Dasar (SKKPD). 2)  Bimbingan konseling di sekolah dasar dengan teknik Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (AKEM) dalam membantu perkembangan anak di Sekolah Dasar. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah dalam mengembangkan kebutuhan profesional konselor di sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...