Penelitian ini dilatarbelakang hasil observasi dan wawancara di SD Negeri 1 Cengkok, yang menunjukan pembelajaran IPA pada kompetensi dasar struktur tumbuhan yang ada di kelas IV. Permasalahan yang ada di sekolah yaitu 1) guru yang masih dominaan menggunakan metode ceramah dalam proses KBM, 2) guru menjelaskan materi masih menggunakan buku yang sudah tersedia di sekolah, 3) guru hanya menggunakan media pembelajaran yang mudah di dapatkan, 4) aktivitas belajar rendah dan 5) hasil belajar pada pelajaran IPA pada materi struktur tumbuhan kurang optimal. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD. Model pengembangan yang digunakan pada perkembangan media Pohon Misteri yaitu model ADDIE. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini sebagai berikut. Hasil kevalidan diperoleh kriteria sangat valid dengan skor ahli materi 86% dan ahli media 82%. Hasil uji kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan perolehan presentase skor sebesar 92% dari respon guru dan 90% dari respon siswa. Sedangkan pada uji keefektifan dengan menggunakan soal evaluasi memperoleh skor 84% sehingga dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa media Pomi (Pohon Misteri) ini sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif sehingga layak digunakan pada materi struktur tumbuhan untuk kelas IV.
Copyrights © 2023