JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Pengaruh Bonus Demografi Perkotaan terhadap Pencari Kerja di DKI Jakarta

Tommy Nganroputra* (Universitas Indonesia, Sekolah Kajian Stratejik dan Global)
Husnul Fitri Sundoko (Universitas Indonesia, Sekolah Kajian Stratejik dan Global)
Renny Nurhasana (Universitas Indonesia, Sekolah Kajian Stratejik dan Global)
Dhita Ayu Pradnyapasa (Pusat Riset Sistem Produksi Berkelanjutan dan Penilaian Daur Hidup - Badan Riset dan Inovasi Nasional)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Bonus demografi adalah keadaan di mana jumlah penduduk usia produktif di suatu negara lebih besar daripada jumlah penduduk usia non-produktif. DKI Jakarta memiliki bonus demografi yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menambah lapangan kerja. Namun, tingkat pengangguran di DKI Jakarta masih relatif tinggi, menunjukkan bahwa bonus demografi belum memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan lapangan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau literatur tentang pengaruh bonus demografi perkotaan terhadap pencari kerja di DKI Jakarta. Metode yang digunakan adalah literatur review dengan metode content analysis dan systematic review, di mana penulis mencari dan mengevaluasi berbagai penelitian dan artikel terkait dengan topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bonus demografi sendiri tidak cukup untuk meningkatkan lapangan kerja. Beberapa faktor yang juga mempengaruhi termasuk pendidikan, keterampilan, dan investasi dalam infrastruktur. Penelitian juga menunjukkan bahwa ada kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja dengan keterampilan yang dimiliki oleh pencari kerja di DKI Jakarta, sehingga perlu adanya program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan. Kesimpulannya, bonus demografi dapat memberikan potensi untuk meningkatkan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, namun perlu ada upaya untuk meningkatkan keterampilan dan investasi dalam infrastruktur agar bonus demografi dapat dimanfaatkan dengan baik. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada perencanaan dan pengembangan kebijakan terkait dengan bonus demografi dan penciptaan lapangan kerja di DKI Jakarta.Kata kunci: bonus demografi, usia produktif, pencari kerja, lapangan kerja.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...