Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD Negeri 14 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Vionita Sari (Universitas Negeri Padang)
Rifda Eliyasni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 14 Luhan Nan Duo Pasaman menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana model Problem Based Learning meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis ujian ini adalah penelitian tindakan kelas dan menggunakan sistem subyektif dan kuantitatif. Kelinci percobaan adalah pendidik dan siswa kelas 5. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, siklus I tersusun dari 81,50% menjadi 97% pada siklus II. Aktivitas pendidik pada siklus utama meningkat 80,50% pada siklus II menjadi 96%. Hasil belajar siswa pada siklus I masing-masing 76,46 dan pada siklus II 91,84, dan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 80,50% dan pada siklus II sebesar 96%. Dengan demikian model Problem Based Learning juga dapat menumbuhkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...