Rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 14 Luhan Nan Duo Pasaman menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bagaimana model Problem Based Learning meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis ujian ini adalah penelitian tindakan kelas dan menggunakan sistem subyektif dan kuantitatif. Kelinci percobaan adalah pendidik dan siswa kelas 5. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, siklus I tersusun dari 81,50% menjadi 97% pada siklus II. Aktivitas pendidik pada siklus utama meningkat 80,50% pada siklus II menjadi 96%. Hasil belajar siswa pada siklus I masing-masing 76,46 dan pada siklus II 91,84, dan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 80,50% dan pada siklus II sebesar 96%. Dengan demikian model Problem Based Learning juga dapat menumbuhkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023