Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning Pada Kelas V SDN 12 Padang Besi Kota Padang

Dini Agustine Mukhsri (Universitas Negeri Padang)
Rifda Eliyasni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian yaitu persentase pengamatan RPP pada siklus I 81,94% mengalami peningkatan pada siklus II 94,44%. Aktivitas guru pada siklus I 80,35% mengalami peningkatan pada siklus II 96,42%. Aktivitas peserta didik pada siklus I 80,35% mengalami peningkatan pada siklus II 96,42%. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I 74,34% mengalami peningkatan pada siklus II 90,44%. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...