Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memahami gaya kepemimpinan yang diimplementasikan oleh kepala sekolah MDTA Al-Munawaroh dan bagaimana pengaruhnya terhadap lingkungan belajar, keterlibatan guru, dan prestasi siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Diyakini bahwa penelitian ini akan menjelaskan praktik kepemimpinan yang efektif dan bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan siswa, kepuasan guru, dan lingkungan belajar sekolah. Penelitian ini dilakukan di MDTA Al-munawaroh, sekolah yang menerapkan pendekatan berbasis Islam. Penelitian ini juga membahas teori kepemimpinan, peran kepala sekolah, dan konsep kepemimpinan. Penelitian ini membuktikan bahwa gaya kemepimpinan kepala sekolah MDTA Al-munawaroh memiliki ciri kepemimpinan yang demokratis, dengan penekanan pada partisipasi dan pengembangan potensi setiap orang.
Copyrights © 2023