JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 4 (2023): Agustus, Social Religious, History of low, Social Econmic and Humanities

Kebutuhan Media Pembelajaran Siswa SMK

Rohmat Febrianto* (STKIP PGRI Trenggalek)
Flora Puspitaningsih (STKIP PGRI Trenggalek,)
Agus Budi Santosa (STKIP PGRI Trenggalek,)
Fajar Alvi Muzaq (STKIP PGRI Trenggalek,)
Dyvia Mahargi Hayu (STKIP PGRI Trenggalek,)
Dyan Sisca Anindyah (STKIP PGRI Trenggalek,)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Melihat perkembangan teknologi saat ini, pelaku dunia pendidikan dituntut untuk mampu menggunakannya. Utamanya dalam lingkup pembelajaran, keberadaan media sangat esensial untuk memicu keaktifan siswa dalam kegiatan belajar yang dapat melibatkan aktifitas fisik dan mental. Melihat pentingnya media dalam menunjang keberhasilan pembelajaran, maka sangat perlu untuk diperhatikan dalam pemilihan dan pemanfaatannya. Guna mewujudkan media pembelajaran yang ideal yakni media yang dipilih, dimanfaatkan, dan atau dikembangkan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa dengan mempertimbangkan faktor pendukungnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran siswa kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek dan SMK Negeri 2 Trenggalek pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X jurusan TITL dan AKL. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan analisis statistik sederhana. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek dan SMK Negeri 2 Trenggalek pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X jurusan TITL dan AKL dengan sampel sebanyak 104 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yakni angket kuesioner, dan metode pengumpulannya menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Analisis data dihitung secara kuantitatif persentase yang kemudian dideskripsikan. Hasil analisis kebutuhan media pembelajaran menunjukkan bahwa siswa memerlukan media pembelajaran yang berbasis multimedia dan dapat dioperasikan melalui gawai untuk bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...