Melihat perkembangan teknologi saat ini, pelaku dunia pendidikan dituntut untuk mampu menggunakannya. Utamanya dalam lingkup pembelajaran, keberadaan media sangat esensial untuk memicu keaktifan siswa dalam kegiatan belajar yang dapat melibatkan aktifitas fisik dan mental. Melihat pentingnya media dalam menunjang keberhasilan pembelajaran, maka sangat perlu untuk diperhatikan dalam pemilihan dan pemanfaatannya. Guna mewujudkan media pembelajaran yang ideal yakni media yang dipilih, dimanfaatkan, dan atau dikembangkan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa dengan mempertimbangkan faktor pendukungnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran siswa kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek dan SMK Negeri 2 Trenggalek pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X jurusan TITL dan AKL. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan analisis statistik sederhana. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Trenggalek dan SMK Negeri 2 Trenggalek pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X jurusan TITL dan AKL dengan sampel sebanyak 104 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yakni angket kuesioner, dan metode pengumpulannya menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Analisis data dihitung secara kuantitatif persentase yang kemudian dideskripsikan. Hasil analisis kebutuhan media pembelajaran menunjukkan bahwa siswa memerlukan media pembelajaran yang berbasis multimedia dan dapat dioperasikan melalui gawai untuk bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah.
Copyrights © 2023