Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Ani Rosidah (Universitas Majalengka)
Windi Widaninngsih (Universitas Majalengka)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman belajar IPA siswa di sekolah dasar. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Elliot yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif untuk evaluasi hasil, dan teknik analisis data kualitatif untuk pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai dari pelaksanaan setiap siklusnya. Pada kondisi awal persentase ketuntasan 45%, siklus I tindakan III persentase ketuntasan 45%, siklus II tindakan III persentase ketuntasan 75%, sedangkan pada siklus III tindakan III persentase ketuntasan 95%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PJBL dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA di kelas II SD Negeri Ujungaris 1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...