Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Kajian Hubungan Antara Kualitas Pelayanan E-Commerce, Kepuasan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian

Kristina Berliana Hun (Universitas Katolik Widya Mandira)
Fitrah Aminah Eka Putri Legimin (Universitas Katolik Widya Mandira)
Yoseph Rangga Dhae (Universitas Katolik Widya Mandira)
Simon Sia Niha (Universitas Katolik Widya Mandira)
Engelbertus G. Ch. Watu (Universitas Katolik Widya Mandira)
Selfiana Goetha (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak kualitas layanan online situs e-commerce terhadap kepuasan pelanggan dan niat membeli. Studi ini mengidentifikasi dimensi kualitas layanan elektronik berdasarkan tinjauan literatur, yaitu desain situs web, keandalan, daya tanggap, kepercayaan, dan personalisasi. Sebuah survei terhadap 120 pengguna setia ecommerce Shopee dilakukan untuk memvalidasi model tersebut. Reliabilitas dan validitas kuesioner diperiksa melalui model pengukuran dan model persamaan struktural digunakan untuk mengkonfirmasi hubungan antar dimensi menggunakan alat analisis SEM AMOS versi 24. Hasilnya menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas layanan elektronik secara keseluruhan dan kepuasan pelanggan serta kepuasan pelanggan dan niat membeli ditemukan signifikan secara statistik. Namun hasil menunjukkan e-service quality tidak berpengaruh terhadap e-satisfaction.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...