Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya masalah pada motivasi belajar siswa para peserta didik ketika dalam proses pembelajaran di karenakan metode pembelajaran yang digunakan pendidik adalah metode konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh penggunaan media interaktif menggunakan nearpod di kelas x pada mata pelajaran tik dan untuk mengetahui apakah pengaruh penggunaan media interaktif menggunakan nearpod dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x pada mata pelajaran tik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional kuantitatif dengan siswa kelas X sebagai sampel sebanyak 60. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner, dengan uji statistik yaitu uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh adanya pengaruh yang positif dalam penggunaan media nearpod terhadap motivasi siswa dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, diperoleh ttabel (0,2542) uji koefisien determinasi (R2) menyatakan bahwa minat belajar siswa meningkat sebesar (70,9%) setelah memanfaatkan media pembelajaran menggunakan nearpod. pengaruh penggunaan media interaktif menggunakan nearpod untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas x pada mata pelajaran tik di sma al-mubarok kota serang (70,9%).
Copyrights © 2023