Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas (TBLT) adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada penggunaan tugas-tugas dunia nyata sebagai dasar pembelajaran bahasa dan mengalihkan fokus dari pengajaran bahasa berbasis tata bahasa tradisional ke kompetensi komunikatif. Penelitian ini dirumuskan dalam bentuk studi cross-sectional dan menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengetahui pengaruh Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas (TBLT) terhadap keterampilan berbahasa Inggris siswa jurusan non-Bahasa Inggris. 4 dosen bahasa Inggris dilibatkan dalam wawancara semi terstruktur. Mereka diminta untuk mengungkap 2 pertanyaan penelitian: a) bagaimana TBLT dibandingkan dengan metode pengajaran lain dalam hal efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan berbicara di kalangan mahasiswa jurusan non-Inggris di sebuah universitas di Indonesia? dan b) fitur spesifik apa dari TBLT yang berkontribusi terhadap efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan berbicara di kalangan mahasiswa jurusan non-Inggris di sebuah universitas di Indonesia? Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas (TBLT) efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris di universitas-universitas besar non-Inggris, dan membawa efek positif pada motivasi pelajar, serta menyediakan ruang untuk strategi pembelajaran bahasa yang dipersonalisasi, dan memungkinkan integrasi media seperti seperti British Council BBC Belajar Bahasa Inggris baik di dalam maupun di luar kelas.
Copyrights © 2023