Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Perkembangan Penelitian Akuntansi Keprilakuan (Tinjauan Literatur Dari Behavioural Research In Accounting Tahun 2009-2018)

Anita Nisa Kambey (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Artikel ini memberikan informasi singkat tentang Penelitian akuntansi keperilakuan dan memberikan deskripsi tentang isi, metode penelitian dan subjek yang digunakan dalam jurnal Behavioural Research in Accounting (BRIA) selama sepuluh tahun ketiga. Makalah ini merupakan makalah lanjutan dari Meyer & Rigsby, 2001 yang menulis tentang sepuluh tahun pertama penelitian akuntansi dalam Behavioural Research in Accounting dan Kutluk & Ersoy, 2010 yang menulis tentang penelitian akuntansi keperilakuan dalam tahun kedua. Makalah ini menggunakan 184 artikel yang terdapat dalam Behavioural Research in Accounting dengan periode 2009-2018. Temuan dibahas dan dibandingkan dengan hasil analisis Behavioural Research in Accounting Meyer & Rigsby, 2001 dan Kutluk & Ersoy, 2010 dalam persamaan dan perbedaan dari analisis-analisis tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan arah perkembangan penelitian akuntansi keperilakuan dibandingkan dengan decade- decade sebelumnya. Penelitian yang paling menarik perhatian dalam decade ini adalah penelitian tentang etika yaitu sebanyak 30 artikel. Meskipun tidak sebanyak penelitian tentang audit yaitu 124 artikel namun jika dibandingkan dengan dua decade sebelumnya, penelitian terkait etika belum dilirik oleh para peneliti. Hal yang menarik juga dalam penelitian decade ini terdapat satu penelitian yang menggunakan metode penelitian campuran yaitu ekperimen dan arsip dalam penelitian keperilakuan. Metode penelitian campuran ini tidak terdapat dalam dua decade sebelumnya. Temuan-temuan ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam arah penelitian dimasa yang akan datang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...