Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Pembelajaran Berbasis Media Youtube Channel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Penelitian Pendidikan

Liza Husnita (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Mumu Muzayyin Maq (Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)
Irvan Mustofa Sembiring (STIT Babussalam Aceh Tenggara)
Betharia Sembiring Pandia (Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia)
Erwin Dhaniswara (Universitas Widya Kartika Surabaya)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dijalankan dengan tujuan untuk menggambarkan bagaimana upaya dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa di mata kuliah metode penelitian pendidikan yang menggunakan platform YouTube Channel sebagai basis pembelajaran. Kajian ini menerapkan metode penelitian tindakan kelas dalam dua tahap siklus. Hasil penelitian tersebut memperlihatkan jika pemanfaatan YouTube Channel dalam pembelajaran mata kuliah metode penelitian pendidikan berhasil meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti dari perbandingan persentase kelulusan mahasiswa di tahap Prasiklus, Siklus I, serta Siklus II. Pada tahap Prasiklus, hanya 40% (16 mahasiswa) yang mencapai kelulusan, sedangkan pada Siklus I, persentasenya meningkat menjadi 60% (21 mahasiswa). Pada Siklus II, persentase kelulusan mahasiswa meningkat signifikan hingga mencapai 89% (40 mahasiswa).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...