Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Efektivitas Penggunaan Media Papan Bilangan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Perkalian Sekolah Dasar

Elvi Mailani (Universitas Negeri Medan)
Yulia Hareza (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui keefektifan PAKALILO (Papan Perkalian Kelinci Lompat) dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas IV SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini akan mencakup pemanfaatan PAKALILO (Hopping Rabbit Multiplication Board) sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian eksperimental, khususnya menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design. Tujuan utama penelitian eksperimen adalah sesuai dengan tujuan peneliti yaitu menguji keefektifan pemanfaatan media papan bilangan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan perkalian siswa kelas IV SD Negeri 106162 Medan Estate tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan penggunaan media papan bilangan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas IV SD Negeri 106162 Medan Estate pada periode pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media papan bilangan memberikan dampak yang bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman konsep perkalian pada siswa kelas IV SD Negeri 106162 Medan Estate pada tahun ajaran 2022/2023. Tingkat ketuntasan pembelajaran klasikal siswa menunjukkan peningkatan yang cukup besar, yaitu meningkat 100% (24 orang) sehingga diperoleh nilai ≥70. kinerja siswa sangat kuat, nilai rata-rata PreTest sebesar 33,33 dan nilai rata-rata PostTest sebesar 85,42. Hasilnya, ada peningkatan signifikan sebesar 52,09. Tingkat keterlibatan siswa yang cukup besar, di mana 90,45% siswa termasuk dalam kategori “sangat aktif”. Selain itu, penelitian ini menunjukkan tingkat respons yang signifikan sebesar 92,43%. keefektifan respon siswa yang telah ditetapkan, yaitu lebih dari 75%. menghasilkan rata-rata skor peningkatan ternormalisasi sebesar 0,7 dalam kisaran sedang ketika membandingkan hasil PreTest dan PostTest. Saran yang dapat direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian di atas adalah disarankan untuk menggunakan bantuan media pembelajaran papan bilangan dalam proses pembelajaran matematika khususnya materi perkalian, sehingga dapat menumbuhkan minat belajar mandiri dan mendorong siswa agar lebih termotivasi dalam belajar matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...