Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi
Vol. 1 No. 3 (2023): (EPJA) Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi (Juli 2023)

Pengaruh Growth Opportunities, Debt Covenant, dan Intensitas Modal Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020)

Jendri Nofriadi (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)
Rice Haryati (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)
Meri Yani (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Growth opportunities, Debt covenant dan Intensitas Modal terhadap Konservatisme Akuntansi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020 baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan. Sumber data pada penelitian ini merupakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020 berjumlah 184 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sesuai kriteria yang sudah ditentukan. Berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan, diperoleh sampel sebanyak 33 perusahaan. . Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regersi linier berganda dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa secara persial Growth opportunities tidak berpengaruh signifikan terhadap Konservatisme akuntansi, sedangkan Debt covenant dan Intensitas modal berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Secara simultan Growth opportunities, Debt covenant dan Intensitas modal berpengaruh signifikan terhadap Konservatisme akuntansi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EPJA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi (EPJA) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Akuntansi meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak ...