Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi
Vol. 1 No. 3 (2023): (EPJA) Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi (Juli 2023)

Pengaruh Implementasi Anggaran, Sistem Pelaporan dan Pertanggungjawaban Anggaran Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi empiris Bagian Keuangan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat)

Mirna Lirda (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)
Rice Haryati (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)
Delori Nanci Meyla (Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk menguji pengaruh Implementasi Anggaran, Sistem Pelaporan dan Pertanggungjawaban Anggaran terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 31 responden di Kantor Dinas Provinsi Sumatera Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 responden di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. Teknik pengambilan sampel adalah Total Sampling yaitu pengambilan seluruh populasi sebagai sampel. Data yang digunakan adalah data primer yang merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara langsung dari sumber lokasi penelitian atau sumber asli tanpa melalui perantara. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Anggaran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Sistem Pelaporan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Pertanggungjawaban Anggaran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Sedangkan secara simultan Implementasi Anggaran, Sistem Pelaporan dan Pertanggungjawaban Anggaran berpengaruh signifikan terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EPJA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi (EPJA) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Akuntansi meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak ...