Land Journal
Vol. 4 No. 2 (2023): Juli 2023

ANALISIS EFISIENSI BIAYA OPERASIONAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN FORECASTING (STUDI KASUS PT POS INDONESIA KANTOR CABANG GARUT)

Cahyat Rohyana (Politeknik Pos Indonesia)
Cica Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penjualan jasa logistik dan keuangan. Dalam menjalankan aktivitas perusahaan sebagai jasa logistic dan keuangan PT Pos Indonesia Kantor Cabang Garut membagi beberapa bagian divisi agar proses aktivitas berjalan dengan lancar dan teratur. Seluruh kegiatan aktivitas akan berjalan dengan baik jika didukung dengan biaya – biaya yang dikeluarkan salah satunya adalah biaya operasional. Biaya opersional terdiri dari biaya penjualan dan biaya administrasi umum. Untuk menjaga kestabilan keuangan antara biaya yang dikeluarkan dengan aktivitas perusahaan yang dilakukan dibutuhkan adanya efisiensi biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi biaya operasional perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan studi lapangan yaitu observasi dan dokumentasi dengan sumber data sekunder. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode statistik deskriptif dengan pendekatan forecasting untuk mengetahui apakah biaya yang dikeluarkan saat ini sudah efisien atau belum dengan perbandingan data yang digunakan adalah semester 1 ditahun 2021 dan semester 1 ditahun 2022. Setelah melewati perhitungan analisis tingkat efisiensi biaya hasil menunjukkan bahwa biaya operasional yang dikeluarkan oleh PT Pos Indonesia Kantor Cabang Garut pada semester 1 tahun 2022 semuanya tidak efisien.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalland

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ruang Lingkup : Akuntansi; Analisis Laporan Keuangan; Audit; Perpajakan; Perbankan; Keuangan Internasional; Etika Akuntansi; Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi ...