Komunita: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 1 No 1 (2022): Februari

Penyuluhan Potensi Mikrohidro Desa Kemuning Kabupaten Karanganyar Untuk Pemberdayaan Masyarakat Dan Umkm Desa Kemuning

Ahmad Yunus, Farhan Muhammad Rizqi, Elisa Estarini, Farikha Damayanti, Syafika Aliya, Ayu Ika Lestar (Universitas Sebelas Maret)
Nur Udin Galang GA - (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2022

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) merupakan sistem pembangkit listrik tenaga air kapasitas dibawah 100 KW. Adapun tujuan dari pembangunan PLTMH ini adalah untuk memacu perekonomian daerah-daerah mengingat potensi tenaga air yang dimiliki oleh daerah tersebut. Metode kegiatan pembangunan PLTMH ini meliputi survei lokasi, studi kelayakan, perencanaan, persiapan sistem, pembangunan dan pelatihan serta sosialisasi. Kegiatan survei dilakukan untuk mendapatkan lokasi yang benar-benar membutuhkan listrik dan memang mempunyai potensi energi yang dapat menghasilkan listrik. Selanjutnya dilakukan perencanaan dan pembangunan sistem PLTMH. Pembangunan ini meliputi pembuatan bak penampungan, pipa penstok, system PLTMH , bangunan sipil dan jaringan listrik. Setelah semua sistem dibangun, dilakukan uji coba dan pelatihan pada masyarakat tentang pengoperasian dan pengelolaan PLTMH. Pelatihan ini ditujukan agar masyarakat mampu mengelola, mengoperasikan dan pemeliharaan sistem PLTMH tersebut. Hasil dari implementasi ini adalah sebuah PLTMH dengan kapasitas daya 5kWatt yang memenuhi kebutuhan listrik. Adapun turbin yang digunakan adalah turbin Crossflow. Pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai atau air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan dan jumlah debit air. Tujuan penulisan ini untuk memberikan informasi mengenai sumber energi listrik dengan sistem mikrohidro di Desa Kemuning yang memiliki beberapa aliran sungai yang berpotensi untuk dibangun energi listrik dengan sistem mikrohidro, serta merekomendasikan sistem pembangkitan listrik yang bisa dibuat dari potensi yang ada tersebut. Sehingga bisa menjamin ketersediaan cadangan listrik bagi masyarakat untuk pemberdayaan UMKM Desa Kemuning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

komunita

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian, dengan nomor terdaftar E-ISSN. KOMUNITA adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh PELITA NUSA TENGGARA. Penerbitan jurnal ini akan dilakukan dalam ...