Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Vol. 6 No. 2 (2023)

Redesain Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial di Kampus IPB Internasional

Yayang Rahmanita (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Kadek Ayu Ekasani (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)
Eka Mahendara (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Media sosial merupakan konten yang terdapat informasi yang dikemas oleh seseorang yang menggunakan teknologi penerbitan, gampang dijangkau serta dimaksudkan untuk memberikan fasilitas komunikasi, pengaruh serta komunikasi antar sesama dan bersama umum. Masyarakat banyak yang memanfaatkan ketenaran media sosial untuk melakukan pemasaran baik berupa produk maupun jasa. strategi pemasaran mampu diartikan menjadi salah satu dari acuan yang dipakai untuk menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. Strategi pemasaran identik dengan berbisnis, dan tentunya berkaitan dengan perusahaan yang menjual produk maupun jasa. Lembaga pendidikan juga menjadi salah satu instansi yang memanfaatkan strategi pemasaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil analisis ini menunjukkan bahwa redesain penelitian yang dilakukan oleh tim humas dan promosi IPB Internasional meliputi hampir keseluruhan media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, dan facebook. Implementasi strategi pemasarannya meliputi adsense, hingga menonjolkan copywriting serta konten yang menarik. Begitu pula dengan faktor hambatan maupun faktor pendukung yang membuat tim humas dan promosi dapat melaksanakan strategi pemasarannya. Diantaranya seperti kegiatan sosialisasi, marketing tools sebagai faktor pendukung, hingga minimnya informasi terkait rebranding kampus yang menjadi hambatan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMPP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...