Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 8 No 3 (2023): Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematika SD

Wiryanto Wiryanto (Universitas Negeri Surabaya)
Ajeng Rara Veronica (Universitas Negeri Surabaya)
Budiyono Budiyono (Universitas Negeri Surabaya)
Suprayitno Suprayitno (Universitas Negeri Surabaya)
Delia Indrawati (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 mempunyai dampak besar terhadap pembelajaran matematika di sekolah dasar. Adapun dampaknya yaitu siswa kesulitan memahami materi matematika, guru kesulitan menjelaskan materi matematika kepada siswa, kurangnya penggunaan media pembelajaran matematika berbasis online, dan sebagian besar media pembelajaran berbasis online membutuhkan fasilitas jaringan yang memadai dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman matematika sekolah dasar melalui aplikasi GeoGebra. Guru diberikan informasi terkait penggunaan media pembelajaran berbasis online dengan bantuan aplikasi GeoGebra sehingga dapat mempermudah proses pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode pendekatan fungsional, pelatihan, dan pendampingan. Pada awal pengabdian, kurang dari 10% guru yang mengetahui tentang aplikasi GeoGebra, namun setelah dilakukan pendampingan dan monitoring evaluasi menunjukkan hasil yang signifikan dan mencapai 92%. Para guru sangat antusias dan semangat dalam mengimplementasikan aplikasi GeoGebra dalam pembelajaran sesuai dengan materi dan tingkatan kelas yang diajarkan. The Covid-19 pandemic has had a major impact on learning mathematics in primary schools. The impact is that students have difficulty understanding mathematics material, teachers have difficulty explaining mathematics material to students, lack of use of online-based mathematics learning media, and most online-based learning media require adequate network facilities and cost a lot of money. Therefore, this service activity aims to help improve primary school mathematics understanding through the GeoGebra application. Teachers are given information regarding the use of online-based learning media with the help of the GeoGebra application so that it can facilitate the learning process. The method used is the method of functional approach, training, and mentoring. At the beginning of the service, less than 10% of teachers knew about the GeoGebra application, but after mentoring and monitoring evaluations showed significant results and reached 92%. The teachers were very enthusiastic and passionate about implementing the GeoGebra application in learning according to the material and class level being taught.

Copyrights © 2023