International Journal of Financial and Investment Studies
Vol 1 No 1 (2020): APRIL 2020

PENGARUH ATTITUDE, SUBJECTIVE NORM, PAST BEHAVIOR, DAN PERCEIVED CONTROL TERHADAP BUDGETING INTENTION MAHASISWA DI SURABAYA

Jason Yulesviva Kurniawan (Program Finance & Investment, Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya)
Mariana Ing Malelak (Program Finance & Investment, Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya)
Dewi Astuti (Program Finance & Investment, Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomi, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2020

Abstract

Pengelolaan keuangan merupakan hal yang penting bagi seseorang dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan. Keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran memberikan benefit bagi seseorang dalam menentukan attitude, subjective norm, past behavior, dan perceived control terhadap budgeting intention. Sampel dari penelitian ini merupakan 100 mahasiswa yang berasal dari luar Surabaya yang berkuliah di Surabaya dan memiliki tempat tinggal di rumah kontrakan atau tempat tinggal kos-kosan. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner berupa pernyataan tertutup melalui google form. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode asosiatif-kuantitatif. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan dibantu program aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, subjective norm, past behavior, dan perceived control berpengaruh positif signifikan terhadap budgeting intention mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ijfis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

International Journal of Financial and Investment Studies (IJFIS) e-ISSN: 2745-3952 is a peer-reviewed journal that aims at the dissemination and advancement of research in the areas of economics and finance with a specific focus on financials and investments. The aim of the Journal is to provide a ...