Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK)
Vol. 6 No. 2 (2022): Volume 6, Nomor 2, Juli 2022

Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelas Unggulan Pada Siswa baru di SMK Negeri Binjai Menggunakan Metode SMART (STUDI KASUS: SMK NEGERI 1 BINJAI)

Kiki Angel (STMIK Kaputama)
Novriyenni Novriyenni (STMIK Kaputama)
Anton Sihombing (STMIK Kaputama)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Siswa kelas unggulan merupakan siswa yang terdiri dari orang-orang pilihan yang memilikikemampuan yang lebih menonjol bila dibandingkan dengan siswa kelas biasa. SMK N 1 Binjai merupakansalah satu sekolah yang sudah menerapkan adanya pemilihan kelas unggulan dimana tiap tahunnya sekolahtersebut menyeleksi siswa baru untuk masuk ke kelas unggulan. Proses pemilihannya masih menggunakansistem manual. Pemilihan dengan cara tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga tidakefektif dan efisien. Sistem ini dirancang menggunakan metode Simple Multi-Attribute Rating Technique(SMART) dimana dalam setiap kriteria diberi bobot kemudian dihitung dengan menggunakan rumusSMART. Teknik pengambilan keputusan multi kriteria ini didasarkan pada teori bahwa setiap alternatifterdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai-nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yangmenggambarkan seberapa penting kriteria tersebut dengan kriteria lain. Hasil dari penelitian berupa outputsistem rekomendasi siswa yang akan masuk kelas unggulan. Manfaat penelitian ini memberikan mediainformasi pengambilan keputusan bagi pihak sekolah untuk memutuskan siswa yang layak masuk ke kelasunggulan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK) diterbitkan oleh program studi sistem informatika kaputama sebagai media untuk mempublikasi karya ilmiah dibidang sistem informasi, sistem pendukung keputusan, data mining dan komputer ...