Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar siswa kita saat ini dapat menikmati teknologi baru baik di rumah maupun di sekolah. Untuk ini, sangat mungkin bagi mereka untuk memiliki TIK untuk pembelajaran. Tujuan dari metode ini adalah agar siswa memiliki dua keuntungan sekaligus, yaitu aspek kebahasaan dan isi. Untuk aspek linguistik, pertama, mereka akan mempelajari sound system bahasa Inggris melalui ejaan, kedua tata bahasa, dengan menggabungkan kata menjadi ucapan yang lebih panjang, dan terakhir pilihan kata atau kosa kata. Sedangkan untuk isi, TIK mengajarkan siswa belajar (dibantu oleh guru) ragam bahasa yang digunakan dalam mata pelajaran tertentu. Teknik mengajar dengan kapur dan bicara atau penjelasan sudah tidak populer lagi. Kemudian disarankan agar guru menggunakan internet dalam proses belajar mengajarnya dan juga wajib bagi siswa untuk belajar menggunakannya. Internet merupakan suatu keharusan, karena dapat digunakan (1) sebagai sumber ilmu pengetahuan (2) sebagai alat bantu belajar (instructional aid) (3) sebagai sarana belajar mengajar (4) sebagai standar kompetensi (5) sebagai perlengkapan administrasi (6) sebagai perlengkapan penunjang manajemen sekolah (7) sebagai prasarana pendidikan. Selain aspek-aspek yang tersebut, ada faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan. Antara lain adalah (a) faktor lingkungan yang terdiri dari sekolah atau lembaga penyelenggara kegiatan (b) siswa yang belajar, usia, latar belakang sosial dan ekonomi, bahasa dan literasi IT, keragaman pembelajaran (c) guru, terdiri dari latar belakang guru, usia, gaya mengajar, pengalaman dan kepribadian (d) faktor teknologi yang terdiri dari komputer, perangkat lunak, jaringan internet dan aplikasi EducateNet lainnya di sekolah.
Copyrights © 2023