JAT (Journal of Accounting and Tax)
Vol. 2 No. 1 (2023)

PENGARUH BIAYA PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT. SULING MAS TRITUNGGAL ABADI TULUNGAGUNG)

Sri Sutrismi (Universitas Tulungagung)
Nita Anggraeni (Universitas Tulungagung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan baik secara serempak maupun parsial terhadap penjualan produk. Besarnya biaya pemasaran yang dikeluarkan nantinya akan mempengaruhi penjualan perusahaan. Biaya pemasaran (X) meliputi biaya advertensi, biaya promosi penjualan, serta biaya komisi penjualan. Sedangkan penjualan menjadi variabel terikat (Y). Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS. Dari hasil analisis diketahui bahwa biaya pemasaran memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap penjualan. Dari hasil uji f, variabel bebas (X) secara serempak atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat (Y). Dari hasil uji t, masing-masing variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen secara signifikan. Secara parsial atau secara sendiri-sendiri, variabel biaya advertensi, biaya promosi penjualan dan biaya komisi penjualan berpengaru. Jadi variabel yang memiliki pengaruh paling dominan adalah biaya komisi Penjualan. Dari analisa koefisien determinasi diketahui pengaruh variabel bebas secara serempak terhadap variabel terikat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jat

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JAT (Journal of Accounting and Tax) is a collection of journals, articles, ideas, concepts, theories, and research results from various fields related to Accounting and Tax. JAT welcomes papers with the above aims and scopes. This academic journal is published by the Faculty of Economics, ...