Restoran Plaza merupakan sebuah tempat yang menyediakan makanan dan minuman yang dijual serta cara penyajian dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan yang datang untuk menikamati hidangan maupun sekedar untuk bersantai. Restoran Plaza Pekanbaru selama ini belum memiliki standar penilaian kepuasan layanan kepada pelanggan, dimana promosi yang diberikan kepada pelanggan maupun masyarakat luas belum tepat sasaran karena selama ini pihak manajemen Restoran Plaza Pekanbaru masih menilai secara subyektif. Dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan, kegiatan promosi juga memiliki peranan penting untuk mengkomunikasikan keberadaan dan nilai produk kepada calon pelanggan. Promosi juga dapat memberikan nilai kepuasan tersediri kepada pelanggan untuk terus mengunjungi restoran tersebut. Dalam penelitian ini peneliti akan membantu dan mempermudah pihak restoran dalam melakukan penilaian terhadap kepuasan pelanggan dengan menerapkan Data Mining yaitu Algoritma C4.5 sebagai pendukung untuk melakukan penilaian. Data yang digunakan adalah data yang diambil dari kuesioner yang telah peneliti berikan kepada pelanggan yang mana telah disetujui oleh pimpinan restoran plaza. Data akan diolah dengan algoritma C4.5 yang akan diimplementasikan dengan aplikasi Rapidminer. Dimana hasil yang didapatkan dari pengujian menggunakan Rapidminer berupa pohon keputusan dan rule-rule yang didapat dengan menggunakan algoritma C4.5.
Copyrights © 2023