Jurnal Minfo Polgan (JMP)
Vol. 12 No. 1 (2023): Artikel Penelitian 2023

Pemodelan Sistem Penerimaan Anggota Baru dengan Unified Modeling Language (UML) (Studi Kasus: Programmer Association of Battuta)

M. Rhifky Wayahdi (Universitas Battuta)
Fahmi Ruziq (Universitas Battuta)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

Sistem yang baik adalah sistem yang dirancang dengan proses analisis mendalam serta terdokumentasi dengan standar yang ditetapkan, serta memperhatikan siklus hidup pengembangan sistem. UML dapat membantu dalam proses pemodelan pengembangan sistem atau perangkat lunak. Dalam penelitian ini, pemodelan dengan UML dilakukan pada sistem penerimaan anggota baru di Programmer Association of Battuta yang bertujuan untuk memudahkan dalam pengembangan aplikasi dikemudian hari. Pemodelan sistem penerimaan anggota baru dimulai dengan tahap pendaftaran, ujian tahap 1, ujian tahap 2, sampai laporan akhir diterima atau tidaknya menjadi anggota baru. Penelitian ini hanya membahas alur penerimaan anggota baru dan tidak membahas alur sistem yang lainnya. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan pemodelan sistem dengan UML yang mencakup diagram-diagram tertentu, yaitu use case diagram digunakan untuk memodelkan hubungan/interaksi antara pengguna sistem, activity diagram memperlihatkan alur atau aktivitas sistem, sequence diagram menjelaskan sistem secara lebih detail, dan class diagram menggambarkan hubungan antar class dari sistem yang dirancang. Setiap diagram dalam UML memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Pemodelan sistem dengan UML memberikan beberapa keunggulan, baik dari segi perancangan dan pengembangan, ataupun pada tahap pemahaman dan komunikasi antara developer dan client. UML akan memungkinkan developer untuk melakukan analisis yang lebih mendalam dan perancangan yang lebih baik dan maksimal sebelum memulai merancang aplikasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Library & Information Science Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Minfo Polgan (JMP) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan terbit berkala (satu tahun dua kali yaitu Maret dan September) dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil riset bidang teknologi dan informasi kepada para akademisi, ...